Nama
cabang
|
Keterangan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
bagian-bagian struktur tubuh dalam makhluk hidup
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
tanaman budidaya
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
macam hormon dan kelainan reproduksi pria
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
alga/ganggang
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ilmu yang mempelajari tentang
tumbuhan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
bakteri
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
kajian biologi pada tingkat molekul
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
penggunaan penerapan proses biologi secara
terpadu yang meliputi prosesbiokimia, mikrobiologi, rekayasa kimia untuk bahan pangan dan peningkatan kesejahteraan manusia. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ilmu yang mempelajari tentang
lumut
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ilmu yang mempelajari tentang
jantung dan pembuluh darah
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ilmu yang mempelajari tentang
pohon maupun tumbuhan berkayu lainnya, seperti liana
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
perkembangan embrio
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
serangga
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ilmu yang mempelajari tentang
enzim
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
perubahan struktur tubuhmakhluk hidup
secara perlahan-lahan dalam waktu yang lama |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
penularan penyakit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
hukum pewarisan sifat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
hormon
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang enzimFisiologi,
Ilmu yang mempelajari tentang faal
(fungsi kerja) organ tubuh |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
faal/fungsi kerja tubuh
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
pengobatan terhadappenderita yang mengalami
kelumpuhan atau gangguan otot |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
obat-obatanGenetika, Ilmu yang mempelajari
tentang pewarisan sifat |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ilmu yang mempelajari tentang
pewarisan sifat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
jaringan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
pemeliharaan kesehatan makhluk hidup
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ilmu yang mempelajari
reptilia/ular
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
sistem kekebalan (imun) tubuh
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang ikan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
crustacea
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
iklim
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
perairan mengalir
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ilmu yang mempelajari tentang
mammalia
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ilmu yang mempelajari tentang
jamur
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
mikroorganisme
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
moluska
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang bentuk
atau ciri luarorganisme
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
jamur
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang menangani penyimpangan pada
sistem saraf
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ilmu yang mempelajari tentang
nematoda
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
organ
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ilmu yang mempelajari tentang
kanker dan cara pencegahannya
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
perkembangan makhluk hidup dari zigot menjadi dewasa
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
burung
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
perkembangan makhlukhidup
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
penyakit dan pengaruh-nya bagi manusia
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
fosil
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ilmu yang mempelajari tumbuhan
masa lampau
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ilmu yang mempelajari tentang
hewan purba
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
makhluk parasit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ilmu yang mempelajari tentang
Protozoa
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ilmu yang mempelajari tentang
primata
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ilmu yang mempelajari tentang
paru-paru
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ilmu untuk melihat bagian dalam
tubuh manusia menggunakan pancaran atau
radiasi gelombang, baik gelombang elektromagnetik maupun gelombang mekanik |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ilmu yang mempelajari tentang
manipulasi sifat genetic
Cabang Cabang Biologi dan Pengertiannya
Jul
20, 2012
Cabang-Cabang Ilmu Biologi
Ucup,Friday, May 11, 2012
Pertanyaan-pertanyaan umum
seperti apa yang membedakan makhluk hidup dan benda mati; proses apa yang
terjadi pada organisme agar dapat bertahan hidup dan berkembang biak; serta
bagaimana berbagai makhluk hidup berinteraksi satu sama lain tercetus selama
berabad-abad. Pertanyaan-pertanyaan ini kemudian menjadi fondasi ilmu
pengetahuan alam, khususnya Biologi.
Biologi berasal dari bahasa Latin, bios yang berarti hidup dan logos yang
berarti pengetahuan. Jadi, Biologi artinya ilmu tentang kehidupan. Biologi
mengaji objek dan ragam persoalan dari berbagai tingkat organisasi kehidupan
serta interaksinya dengan faktor lingkungan. Biologi merupakan bidang studi
dengan cakupan yang luas, mulai dari proses kimia di dalam tubuh Anda hingga
konsep mengenai ekosistem serta perubahan iklim global.
Objek atau kajian dalam Biologi sangat luas. Akan tetapi, pada dasarnya,
persoalan yang dikaji dalam bidang Biologi meliputi beberapa tema dasar, yaitu
biologi sebagai proses penemuan, sejarah konsep biologi, evolusi,
keanekaragaman dan keseragaman, genetika dan kelangsungan hidup, organisme dan
lingkungan, biologi perilaku struktur dan fungsi, serta regulasi. Kajian
Biologi tersebut dipelajari lagi secara lebih mendalam pada cabang ilmu Biologi
berikut:
a) Morfologi, yaitu cabang Biologi
tentang penampakan atau bentuk luar tubuh makhluk hidup.
b) Anatomi, yaitu cabang Biologi
tentang struktur dalam tubuh makhluk hidup.
c) Fisiologi, yaitu cabang
Biologi tentang fungsi alat tubuh makhluk hidup.
d) Histologi, yaitu cabang Biologi
tentang susunan dan fungsi jaringan tubuh makhluk hidup.
e) Sitologi, yaitu cabang Biologi
tentang struktur dan fungsi sel.
f) Genetika, yaitu cabang
Biologi tentang sifat-sifat keturunan beserta seluk-beluknya.
g) Embriologi, yaitu cabang Biologi
tentang perkembangan zigot sampai fetus serta faktor-faktor yang
memengaruhinya.
h) Teratologi, yaitu cabang Biologi
tentang cacat perkembangan pada embrio.
i) Patologi, yaitu
cabang Biologi tentang penyakit dan pengaruhnya pada organisme.
j) Endokrinologi, yaitu cabang
Biologi tentang hormon.
k) Ekologi, yaitu cabang Biologi
tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya.
l) Taksonomi, yaitu
cabang Biologi tentang pengelompokan makhluk hidup.
m) Zoologi, yaitu cabang Biologi tentang
dunia hewan.
n) Botani, yaitu cabang Biologi
tentang dunia tumbuhan.
o) Mikrobiologi, yaitu cabang
Biologi tentang mikroorganisme atau jasad renik.
p) Entomologi, yaitu cabang Biologi
tentang serangga.
q) Ornitologi, yaitu cabang Biologi
tentang burung.
r) Mikologi, yaitu cabang
Biologi tentang jamur.
s) Bakteriologi, yaitu cabang
Biologi tentang bakteri.
t) Virologi, yaitu cabang
Biologi tentang virus.
Biologi merupakan ilmu murni yang mengembangkan ilmu-ilmu terapan seperti
ilmu kedokteran, pertanian, perikanan, dan peternakan. Ilmu Biologi terus
berkembang dan memunculkan cabang ilmu Biologi terapan, contohnya bioteknologi.
|
Jumat, 14 September 2012
Cabang-cabang ilmu Biologi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar